PROGRAM STUDI D3 DI STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
GRATIS NETBOOK LENOVO
BAGI MAHASISWA BARU TH 2015/2016 UNTUK PROGRAM D3
D3
MANAGEMEN INFORMATIKA
1.1.
Pendahuluan
Dalam
situasi perekonomian saat ini, pemerintah Indonesia memerlukan upaya-upaya
baru untuk mengembalikan kehidupan perekonomian yang lebih baik. Salah satu
bentuk upaya yang sedang dilakukan adalah sedikit menggeser prioritas
perekonomian nasional dari bentuk resource-base economy ke bentuk knowledge-base
economy. Dengan pola pergeseran ini, peran IPTEK menjadi sangat penting
untuk mendukung visi Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2005-2025 yaitu
“Indonesia Yang Maju, Mandiri, dan Adil”. Sejalan dengan hal tersebut, banyak
organisasi yang telah berkembang ke bentuk dynamic network. Dalam dynamic
network organization, peranan TI menjadi sangat penting.
Jurusan/program
studi Manajemen Informatika dengan jenjang D3 diharapkan dapat memberikan
kontribusi untuk mewujudkan kebutuhan tenaga-tenaga siap pakai pada semua
bidang TI. Dalam mewujudkan harapan tersebut maka jurusan/program studi
Manajemen Informatika membuat kurikulum yang berbasis kompetensi.
Sesuai
dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232 Tahun 2000 tentang
Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar
Mahasiswa, jurusan/program studi Manajemen Informatika jenjang D3 (MI-D3),
pada tahun akademik 2004/2005 mengikuti pola yang dianjurkan oleh SK
Mendiknas tersebut. Setelah melalui proses yang cukup panjang, kurikulum
berbasis kompetensi program studi MI diberlakukan bagi semua mahasiswa MI
yang belum menyelesaikan studinya hingga tahun akademik 2003/2004. Selain
hasil kurikulum yang dituangkan dalam bentuk distribusi semesteran,
pengembangan isi dan materi silabi juga diberlakukan.
1.2. Kompetensi
1.2.1. Kompetensi Umum
a. Mampu mengimplementasikan
teknologi informasi
secara kreatif dan inovatif di
masyarakat
b. Mampu mengembangkan diri untuk
peningkatan
wawasan dan keahlian
c. Mampu beradapasi dan bekerjasama
dalam team work
d. Mampu berkomunikasi aktif
dalam bahasa internasional
e. Mampu menjunjung tinggi etika dan
profesionalisme
1.2.2. Kompetensi Khusus
a. Trampil mengimplemetasikan
rancangan sistem informasi bisnis berbasis desktop dan web
b. Mampu membangun animasi multimedia
c. Menguasai tools multimedia
dan web
1.2.3. Gradasi Kompetensi
a. Tahun ke-1 “Memahami dasar-dasar
sistem informasi dan mampu melakukan operasi basis data”
b. Tahun ke-2 “Mampu membangun
aplikasi basis data berbasis desktop dan web ”
c. Tahun ke-3 “Mampu membangun
aplikasi berbasis web dinamis”
1.2.4. Usaha yang dilakukan
a. Peningkatan kualitas dosen secara
terus menerus
b. Memberikan materi workshop lebih
dinamis
c. Evaluasi kurikulum dilakukan
secara periodik
d. TOEFL menjadi syarat kelulusan
e. Memfasilitasi kegiatan kelompok
mahasiswa jurusan
f. Memfasilitasi kegiatan kelompok
dosen
g. Proses belajar mengajar
ditingkatkan secara terus menerus
1.3. Syarat Kelulusan
Untuk
menyelesaikan pendidikan diploma pada program studi MI-D3, mahasiswa
diwajibkan telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 110 sks mata kuliah yang
meliputi mata kuliah wajib sebanyak 80 sks dan sisanya adalah
mata kuliah pilihan.
Mata
kuliah wajib merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa yang
terdiri atas wajib nasional, wajib STMIK AKAKOM dan wajib program studi.
Persyaratan mata kuliah wajib sebesar 80 sks ini dapat dipenuhi dengan
mengambil semua mata kuliah wajib (status W pada kurikulum). Semua mata
kuliah wajib dan praktikum nilai minimum adalah C (nilai D berarti tidak
lulus).
Pada
dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah pilihan yang tersedia. Namun
demikian, agar mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, maka
dalam memilih mata kuliah ini mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan
saran-saran dosen pembimbing akademik. Jika mahasiswa ingin mengambil mata
kuliah di luar tabel mata kuliah pilihan maka yang bersangkutan harus memberi
tahu dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik. Karena suatu alasan,
mata kuliah pilihan dapat berubah distribusi semesternya dari semester ganjil
ke semester genap atau sebaliknya.
Tugas
akhir mahasiswa dapat berupa penugasan atau kerja praktek dengan bobot 4 sks,
dan harus diambil oleh setiap mahasiswa.
a. Tujuan
b. Syarat pengambilan tugas akhir
Mahasiswa
yang akan mengambil tugas akhir disyaratkan sebagai berikut :
c. Pelaksanaan Tugas Akhir
Pada
dasarnya, pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dibawah bimbingan dosen
pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan topik yang diambil tugas akhirnya.
Mahasiswa memilih sendiri dosen pembimbing tugas akhirnya, saat mendaftarkan
diri di bagian Administrasi Akademik.
Tugas
akhir di program studi Manajemen Informatika memiliki 2 pola
1) Mandiri
2) Tugas Akhir mandiri adalah
pelaksanaan tugas akhir yang dilakukan secara konvensional yang selama ini
sudah dilakukan yakni mahasiswa mengerjakan tugas akhir tersebut secara
mandiri dibawah arahan seorang pembimbing.
Syarat
Tugas akhir pola ini adalah
1) IPK minimal 2,75, atau
2) Mendapat rekomendasi dari seorang
dosen, bahwa mahasiswa yang bersangkutan diprediksi mampu melaksanakan tugas
akhir secara mendiri (untuk IPK<2 span="">
1. Laboratory
Pelaksanaan
tugas akhir pola ini, mahasiswa di kelompokkan dalam 1 kelas, dan penyusunan
tugas akhir pelaksanaannya terjadwal dengan pembimbing adalah tim.
Syarat
Tugas akhir pola ini adalah
a. IPK <2 atau=""
span="">
b. Mengajukan secara khusus untuk
mengikuti pola ini bagi mahasiswa dengan IPK>=2,75
1.4. Peluang
Lulusan
dari jurusan/program studi Manajemen Informatika masih banyak dibutuhkan oleh
stakeholder, hal ini dapat dilihat dari banyaknya permintaan lulusan
D3 yang ditempatkan pada bagian programmer, teknisi dan software
maintenance. Masih banyaknya peluang lulusan D3 Manajemen
Informatika untuk tenaga di bidang TI, memberikan kesempatan yang sangat
terbuka agar jurusan dapat mengembangkan diri menjadi lebih adaptif terhadap
kebutuhan pasar tenaga kerja bidang TI.
Kemampuan
yang lebih dari setiap lulusan akan memberikan daya saing yang baik untuk
peluang di dunia kerja.
D3 TEKNIK KOMPUTER
1.1. Pendahuluan
Dilandasi
kesadaran potensi pesatnya kemajuan teknologi elektronika, program studi
Teknik Komputer jenjang D3 merupakan bagian Jurusan Teknik Komputer yang
mengemban amanat melatih dan menghasilkan ahli madya yang berkecimpung dalam
lingkup teknik elektronika, microprocessor, instrumentasi kendali, dan
telekomunikasi. Peran ahli madya bidang ini antara lain untuk menjembatani
level perancang dan pengguna teknologi, melakukan supervisi proses produksi,
melakukan instalasi-instalasi systems dan networking untuk
berbagai keperluan mulai dari perkantoran, housing, hotels, medis,
sarana navigasi, hingga entertainment support.
Mahasiswa
program ini disarankan menyelesaikan beban akademik 110 sks dan latihan kerja
dalam rentang 6 semester. Frame akademik dalam program ini sarat kegiatan
praktek dengan peranti hi-tech measurement dan device programming,
sehingga mahasiswa dituntut tekun dan berlatih mengembangkan logika. Alur
matakuliah dan praktik yang ada mengindikasikan kepada konsentrasi Instrumentasi,
Future Control, dan Jaringan Computer. Pada akhir masa studi,
mahasiswa dilatih menyelesaikan laporan tugas akhir, yang menunjukkan
penguasaan penyelesaian pekerjaan tertentu dalam lingkup yang disebut di
muka. Mahasiswa yang mampu dapat melanjutkan studi pada jenjang selanjutnya
(D4/S1), bidang yang sesuai umumnya adalah dengan lingkup keteknikan dan
systems.
1.2. Kompetensi Lulusan
1.2.1. Kompetensi Umum
a. Mampu mengimplementasikan TI
secara kreatif dan inovatif di masyarakat
b. Mampu mengembangkan diri untuk
peningkatan wawasan dan keahlian
c. Mampu beradaptasi dan bekerjasama
dalam team work
d. Mampu berkomunikasi aktif
dalam bahasa internasional
e. Mampu menjunjung tinggi etika dan
profesionalisme
1.2.2. Kompetensi Khusus
a. Membangun dan merawat
infrastruktur network
b. Mampu membangun komputer embedded
(piranti-piranti yg tersambung dengan sistem komputer)
c. Menguasasi tool simulasi
elektronik dan network
1.2.3. Gradasi Kompetensi
1) Tahun 1:
a) mampu menginstalasi komputer dan sistem
operasi stand alone,
b) mampu mengelola peranti-piranti elektronik.
2) Tahun ke 2:
a) menyusun program komputer
sederhana,
b) melakukan pemeliharaan komputer
dan troubleshooting.
3) Tahun ke 3 :
a) menyelesaikan persoalan bisnis
berbasis computer embedded,
b) menyelesaikan persoalan bisnis
berbasis jaringan komputer enterprise.
1.3. Syarat Kelulusan
Untuk
menyelesaikan pendidikan diploma 3 pada program studi Teknik Komputer,
mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan sekurang-kurangnya 110 sks mata
kuliah yang meliputi mata kuliah wajib sebanyak 80 sks, dan lainnya merupakan
mata kuliah pilihan.
Tujuan
pembuatan tugas akhir
Melatih mahasiswa agar dapat merealisasikan suatu
sistem berbasis mikrokontroler
atau mikrokomputer, yang terdiri atas perangkat
keras dan perangkat lunak.
Syarat
pengambilan tugas akhir
·
Telah menempuh minimal 90 sks dengan IPK ≥ 2.00 yang
terbaik
·
Telah menempuh mata kuliah penunjang topik tugas
akhir
·
Mencantumkan tugas akhir dalam KRS dan mendaftarkan
pemilihan pembimbing tugas akhir ke bagian Administrasi Akademik.
1.4. Pelaksanaan Tugas Akhir
Pelaksanaan
tugas akhir dibawah bimbingan dosen pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan
bidang permasalahan yang diambil. Mahasiswa dapat memilih tugas akhir berupa
rekayasa perangkat keras, kerja praktek, rekayasa piranti praktikum , dan
jenis-jenis lain yang direkomendasikan oleh program studi.
D3 KOMPUTERISASI AKUNTANSI
12.1. Pendahuluan
Program
studi Komputerisasi Akuntansi merupakan program studi yang berusia relatif
muda dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan tenaga kerja pada industri yang
menginginkan adanya tenaga kerja yang mempunyai skill di bidang komputer
serta memahami akuntansi sebagai bahasa bisnis.
Saat ini,
tenaga kerja yang memenuhi persyaratan skill di bidang tersebut masih terasa
sangat kurang dan tenaga kerja dengan skill akuntansi dan komputer akan
selalu diperlukan selama masih terdapat perusahaan-perusahaan dan
organisasi-organisasi lain yang memerlukan akuntansi berkomputer dalam
operasinya.
Perkembangan industri saat ini telah memicu perkembangan ke enterprise information system, yaitu sistem informasi yang akan diterapkan pada ruang lingkup yang besar dari perusahaan. Besar disini meliputi jangkauan transaksi serta area yang luas meliputi seluruh dunia. Hal tersebut dimungkinkan karena perkembangan teknologi Intranet, Internet, serta Extranet yang sangat pesat. EIS mempunyai inti pada dua bidang, yaitu serta pengetahuan bisnis. Hal tersebut merupakan inti dari program studi Komputerisasi Akuntansi. Dalam program studi ini, mahasiswa dididik untuk mempunyai pola pikir sebagai pengembang sistem informasi akuntansi. Dengan pola pikir tersebut, mahasiswa akan diuntungkan karena selain mampu mengembangkan sistem informasi akuntansi sendiri, mahasiswa juga mengetahui bagaimana seharusnya suatu software akuntansi bekerja. Dengan demikian, lulusan dari program studi Komputerisasi Akuntansi tidak akan mengalami kesulitan menggunakan berbagai software akuntansi. Dalam kaitan sebagai pengembang sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan dididik secara konsisten untuk menggunakan piranti dan metodologi yang berbasis Object-Oriented karena metodologi serta piranti tersebut yang banyak digunakan oleh industri pada saat ini dan masa yang akan datang. Metodologi seperti RUP, Extreme Programming, serta metodologi-metodologi Agile lainnya seharusnya dipahami dengan baik oleh mahasiswa karena merupakan materi yang diajarkan di Komputerisasi Akuntansi. Demikian juga dengan piranti pemodelan berbasis UML merupakan kompetensi dari mahasiswa Komputerisasi Akuntansi. Seiring dengan makin meningkatkan penggunaan software open source di masa kini dan masa yang akan datang (komitmen dari Oracle, IBM, serta HP menunjukkan hal tersebut), program studi Komputerisasi Akuntansi mendeklarasikan diri sebagai program studi yang memfokuskan diri pada peranti berbasis open source mulai dari awal kuliah sampai mahasiswa lulus. Sementara itu, dalam kaitannya dengan sistem informasi akuntansi, mahasiswa akan mendapatkan materi yang memadai dalam hal akuntansi serta sistem akuntansi. Akuntansi manual mulai dari akuntansi pengantar, akuntansi keuangan menengah dan lanjut, akuntansi kos dan akuntansi manajemen akan memberi bekal yang memadai bagi lulusan Komputerisasi Akuntansi. Berbagai materi pendukung lainnya untuk kepentingan pengembangan diri (seperti etika bisnis dan profesi, aspek legal, dan lain-lain) dan pengkayaan wawasan bisnis juga diharapkan akan memperkuat lulusan dari Komputerisasi Akuntansi.
12.2. Sekilas Program Studi
Komputerisasi Akuntansi
Program
studi Komputerisasi Akuntansi di STMIK AKAKOM didirikan pada tahun 1999. Pada
saat berdiri, program studi Komputerisasi Akuntansi memperoleh status
Terdaftar berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 39/DIKTI/Kep/1999. Setelah itu
program studi Komputerisasi Akuntansi terus menerus berusaha memperbaiki diri
dan meningkatkan kualitas dan_statusnya.
Untuk keperluan tersebut, program studi Komputerisasi Akuntansi mengajukan permintaan untuk akreditasi pada tahun 2006 dan menghasilkan keputusan Terakreditasi dengan nilai B pada tahun 2006 berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi Nomor 017/BAN-PT/Ak-VI/Dip-IIII/XII/2006 tanggal 30 Desember 2006. Peningkatan status tersebut merupakan bukti kemauan dari pihak akademis untuk selalu memberikan peningkatan kualitas pendidikan.
12.3. Kompetensi
12.3.1. Kompetensi Umum
[1] Mampu
mengimplementasikan TI secara kreatif dan inovatif di masyarakat
[2] Mampu mengembangkan diri untuk peningkatan wawasan dan keahlian [3] Mampu beradaptasi dan bekerjasama dalam team work [4] Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa internasional [5] Mampu menjunjung tinggi etika dan profesionalisme
12.3.2. Kompetensi Khusus
[1] Mampu
membangun aplikasi akuntansi berbasis web.
[2] Menguasai akuntansi bidang pajak [3] menguasai tool akuntansi
12.3.3. Gradasi Kompetensi
Tahun ke-1 : "Mampu Menyusun
Laporan keuangan Perusahaan Berbasis IT"
Tahun ke-2 :"Mampu menyusun dan Melakukan penghitungan Pajak berbasis IT" Tahun ke-3:"Mampu Menyusun sistem akuntansi berbasis IT"
12.3.4. Usaha
Untuk
mencapai kompetensi tersebut, program studi Komputerisasi Akuntansi melakukan
berbagai aktivitas belajar mengajar serta aktivitas-aktivitas lain untuk
menambah nilai. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Workshop peranti pengembangan serta aplikasi berbasis open source 2. Kuliah umum berkaitan dengan kompetensi utama tersebut. 3. Kunjungan ke industri 4. Evaluasi kurikulum secara periodik 5. Peningkatan kualitas dosen (pendidikan lanjut maupun mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kompetensi utama jurusan) 6. Memfasilitasi kelompok belajar (Python, Linux. GNUCash, Akuntansi) 7. Meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris, TOEFL menjadi syarat kelulusan 8. Evaluasi kinerja dosen.
12.4. Peluang Karir
Hasil
pengamatan dan survey pada berbagai lapangan kerja yang tersedia serta
lulusan Komputerisasi Akuntansi yang telah diserap di dunia kerja menunjukkan
bahwa lulusan program studi ini mempunyai prospek yang sangat cerah. Beberapa
peluang karir dari lulusan ini antara lain:
1. Pengembang sistem informasi, khususnya sistem informasi akuntansi 2. Accounting software maintenance 3. Analis sistem 4. Pengembang web e-commerce 5. Auditor sistem informasi 6. Pekerja dalam sistem akuntansi
12.5. Syarat Kelulusan
Untuk
menyelesaikan pendidikan pada program studi Komputerisasi Akuntansi - D3,
mahasiswa diwajibkan telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 110 sks, dengan
mata kuliah wajib sejumlah 80 sks, dan sisanya merupakan mata kuliah pilihan.
Persyaratan mata kuliah wajib sebesar 80 sks ini dapat dipenuhi dengan
mengambil semua mata kuliah wajib. Semua mata kuliah wajib dan praktikum
nilai minimum adalah C (nilai D berarti tidak lulus).
Tugas Akhir .
Tugas
akhir mahasiswa, sesuai dengan misi serta visi yang telah ditetapkan di atas,
berupa pembuatan software dalam bidang akuntansi. Meskipun pemilihan peranti
untuk pembuatan software tersebut bebas, mahasiswa dianjurkan menggunakan
peranti berbasis teknologi obyek dan merupakan free software atau open source
development tools. Tugas akhir mempunyai bobot 4 SKS dan harus diambil oleh
setiap mahasisw
Tujuan
1) Melatih mahasiswa untuk dapat berfikir secara logis dan sistematis 2) Melatih kemandirian sekaligus team work dalam menyelesaikan permasalahan 3) Melatih kemampuan dalam penggunaan produk-produk / tools dalam bidang Teknologi
Informasi
4) Mempersiapkan mahasiswa untuk hidup bermasyarakat, melanjutkan studi, atau memasuki
dunia kerja.
Syarat
pengambilan tugas akhir
Mahasiswa yang akan mengambil tugas akhir disyaratkan sebagai berikut : 1) Telah menempuh sekurang-kurangnya 80 sks dengan IPK ≥ 2.00 terbaik 2) Terdaftar pada semester yang bersangkutan 3) Mencantumkan tugas akhir di KRS dan mendaftarkan ke bagian Administrasi Akademik.
Pelaksanaan
Tugas Akhir
Pada dasarnya, pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing tugas akhir yang sesuai dengan topik yang diambil tugas akhirnya. Mahasiswa memilih sendiri dosen pembimbing tugas akhirnya, saat mendaftarkan diri di bagian Administrasi Akademik. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar